Puasa Harus Tetap Lakukan Gerakan Aktif, Bukan Malah Jadi Alasan Untuk Bermalas Ria

4tu.org – Pada saat menjalani ibadah puasa, sudah jelas asupan makanan yang ada pada siang hari jelas terbatasi tidak seperti hari biasanya. Selain itu, meskipun meang sedang menjalani ibadah puasa ukan menjadi satu alasan untuk bermalas-malasan.

Dengan tetap melakukan gerakan secara aktif justru akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk mereka yangg masuk dalam kategori kurang bugar. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang baru saja dimuatt dalam jurnal BMC Medicine pekan lalu.

Dengan melakukan akivitas dengan kebanyakan duduk, dengan menonton televisi ataupun bekerja dengan hanya duduk di depan komputerr ternyata bisa meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat.

Para ilmuwan dari Glasgow University yang mengerjakan penelitian ini menyebut bahwa keterkaitan yang berbahaya antara terlalu banyak duduk dengan risiko tersebut bisa dikurangi dengan meningkatkan tingkat kebugaran seseorang.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa risiko terkait perilaku sedentari tidak sama pada semua orang,” kata Carlos Celis, salah seorang ilmuwan.

Menurut Celis, individu dengan aktivitas fisik rendah paling mendapat manfaat dari perubahan tersebut. Artinya ketika mereka mengubah gaya hidupnya, risiko mengalami dampak buruk dari terlalu banyak duduk akan berkurang lebih banyak.

Dalam mengukur tingkat kebugaran, Celis dan timnya menggunakan indikator grip strength atau kekuatan menggenggam. Tes ini disebutnya mudah, murah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *