Bahaya Tidur Dengan Menyanding Handphone Di Bawah Bantal

4tu.org – Dengan keadaan kamar yang sejuk dan juga cenderung gelap, ditambah dengan kasur yang empuk menjadikan kalian cocok untuk lebih lama berada di kamar kalian untuk bermalas-malas ria. Apalagi dengan tiduran dan bermain ponsel setelah seharian melakukan kesibukan bekerja.

Ketika dengan suasana tersebu pastilah rasa ngantuk akan dengan segera datang mengampiri, hanya tinggal menaruh ponsel di bawah bantal dan hanya dalam sekejap kalian pasti akan masuk alam mimpi dengan pulas.

Namun, tahukah kalian jika kebiasaan menaruh ponsel terlalu dekat dengan tubuh ketika tidur begitu berbahaya untuk kesehatan? Atau bahkan hingga membahayakan nyawa kalian lho gaes.

Dengan menempatkan ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan efek merusak pada kesehatan tubuh. Alasannya, handphone atau gadget lainnya seperti tablet memancarkan radiasi yang dapat merusak otak. Umumnya kamu akan merasakan pusing, sakit otot dan penyakit lainnya akibat ini.

Dengan tidur berjarak dekat dengan ponsel kalian akan begitu menganggu kesehatan, ada kemungkinan zat-zat penyebab kanker seperti karsinogen terpapar pada tubuhmu. Anak-anak pun lebih berisiko terpapar karsinogen dari radiasi handphone.

“Radiasi kemungkinan karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia,” demikian tertulis dalam Journal of Clinical Oncology.

Meskipun hingga sekarang masih belum adanya bukti secara nyata, kalau radiasi elektromagnet benar-benar bisa menyebabkan kanker, tidak ada salahnya menghindari risiko-risiko yang bisa meningkatkan kamu terkena penyakit ini. Bagaimana caranya?

Jangan pernah menaruh barang-barang elektronik seperti handphone di dekat kita ketika tidur. Sebenarnya tidak ada jarak spesifik tentang berapa centimeter kita harus menaruh handphone jauh dari tubuh saat tidur. Setidaknya beri jarak 90 cm dari tempat tidur. Disarankan juga untuk mematikan handphone atau mengaturnya pada ‘airplane mode’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *