Abaikan Mitos Terkait Kafein Ganggu Fungsi Jantung

 

 

4tu.org – Terdapat banyak keyakinan terkait dengan kafein. Diantaranya yakni kafein dapat mengganggu kecepatan jantung. Apakah benar begitu?

Seperti melansir dari laman Good Housekeeping, ada hal yang biasa diketahui mengenai kafein dan terdapat penelitian terbaru yang menyanggahnya. Menurut penelitian yang dilakukan di Journal of the American Heart Association pada bulan Januari 2016, mengkonsumsi kafein secara rutin tidak menimbulkan adanya peningkatan pada detak jantung.

Peneliti melibatkan hampir 1.400 orang dewasa untuk diwawancarai terkait mengkonsumsi kopi, teh serta cokelat. Selanjutnya, para peneliti mengobservasi fungsi jantung pada partisipan tersebut selama satu tahun.

Tidak terdapat suatu hal yang mencengangkan bahwa 61% partisipan yang rutin mengkonsumsi lebih dari satu produk yang memiliki kandungan kafein dalam satu harinya. Dan dari hasil pengamatan tersebut, peneliti tidak menjumpai adanya perubahan kerja jantung para partisipan yang rutin mengkonsumsi kafein.

“Rekomendasi klinis yang menyatakan bahawa konsumsi rutin produk kafein bisa mengganggu ritme jantung harus dipertimbangkan kembali, karena akan kontradiktif dengan menyarankan untuk tidak mengonsumsi cokelat, kopi, atau teh yang justru memiliki manfaat untuk kesehatan jantung,” tulis peneliti senior, Gregory Marcus, MD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *