Mandi Sauna Dapat Turunkan Risiko Hipertensi

 

 

4tu.org – Memiliki keinginan untuk selalu sehat dan banyak mengeluarkan keringat tetapi tidak mau melakukan aktivitas fisik apapun maka kalian dapat mencoba untuk mandi sauna. Melakukan mandi sauna memiliki khasiat bagi kesehatan dan salah satunya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah study mengungkapkan bahwa dengan rutin melakukan mandi sauna empat kali dalam seminggu akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 50%.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan dengan rutin melakukan mandi sauna akan menurunkan kematian karena penyakit kardiovaskular dan serangan jantung dadakan. Faktor yang menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular salah satunya yaitu meningkatnya tekanan darah. Dan menurut para peneliti dari University of Eastern Finland dengan melakukan mandi sauna dapat menurunkan tekanan darah.

Mengutip dari Boldsky, penelitian yang telah diterbitkan pada American Journal of Hypertension tersebut melibatkan 1.621 partisipan pria paruh baya asal Finlandia. Partisipan penelitian ini tidak memiliki diagnosa tekanan darah tinggi.

Srlanjutnya, para partisipan ini terbagi menjadi tiga kelompok frekuensi sauna. Satu kelompok diminta untuk melakukan mandi sauna seminggu sekali, satu kelompok lagi mandi sauna tiga kali seminggu dan satunya lagi mandi sauna empat hingga tujuh kali seminggu.

Pada kelompok yang melakukan mandi sauna tiga kali seminggu menurunkan risiko hipertensi hingga 24% dan para partisipa yang melakukan mandi sauna empat hingga tujuh kali mengalami penurunan risiko hipertensi hingga 46%. Selama mandi sauna, suhu badan dapat meningkat sampai dua derajat celcius sehingga membuat diameter pembuluh darah melebar.

Mandi sauna dengan teratur akan memperbaiki fungsi indotel yang merupakan fungsi lapisan pada pembuluh darah yang mempunyai efek yang menguntungkan bagi tekanan darah sistemik. Berkeringat akan mengeluarkan cairan dari tubuh yang membuat penurunan tekanan darah.

Dengan mandi sauna akan membuat tubuh lebih rileks dan pikiran menjadi nyaman sehingga akan menurunkan tekanan darah sistemik. Dan sebuah analisis terbaru dari study yang sama menunjukkan bahwa mereka yang kerap melakukan mandi sauna mempunyai tingkat risiko penyakit paru-paru lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *