Ini Alasan Luka Terkena Sobekan Kertas Lebih Perih

 

 

4tu.org – Apakah kalian pernah mengalami luka gores sampai berdarah hanya karena selembar kertas ? Pada umumnya luka akibat sobekan kertas ini terasa sangat perih serta menyakitkan. Rasa sakitnya melebihi luka akibat jatuh pada siku ataupun lutut.

Yang pertama, reseptor rasa sakit pada ujung jari lebih banyak dari pada bagian tubuh yang lainnya. Sehingga saat terdapat luka pada ujung jari yang memiliki ujung saraf lebih banyak maka akan terasa lebih menyakitkan dari pada bagian tubuh lain bila terkena luka.

“Ujung jari kita gunakan untuk mengeksplorasi dunia, yang kita gunakan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan kejelian,” ungkap Dr. Hayley Goldbach.

“Jadi wajar saja kalau ada lebih banyak ujung saraf di sana. Hal ini berguna sebagai mekanisme pertahanan.” imbuhnya.

Kemudian, pinggiran kertas sebenarnya berbentuk seperti gergaji atau bergerigi sehingga gerigi kecil tersebut akan merobek dan menyangkut pada kulit dari pada benda yang memiliki permukaan yang tidak bergerigi seperti pisau.

Kemudian luka sobekan kertas pada umumnya tidak terlalu dalam sehingga tidak akan menyebabkan darah keluar terlalu banyak. Tetapi hal tersebut malah membuat tubuh tidak langsung membekukan darah dan mengobati luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *