Berikut Ini Penyebab Mengapa Kaki Gatal

 

 

4tu.org – Tidak hanya telapak tangan saja yang kerap mengalami gatal-gatal tetapi telapak kaki juga sering mengalami gatal-gatal. Penyebab telapak kaki terasa gatal-gatal adalah infeksi jamur pada kaki. Biasanya gatal-gatal terjadi pada di bawah kaki dan diantara jari kaki. Masalah gatal kulit pada kaki dapat menular dan biasanya dapat menyebar pada lingkungan yang lembab atau basah, misalnya di kamar mandi dan kamar ganti.

Selain itu, beberapa penyebab gatal pada telapak kaki :

1. Kudis

Kudis dapat menyerang telapak kaki, telapak tangan, wajah, leher dan juga kulit kepala. Tetapi, biasanya orang dewasa mengalami kudis pada bagian lipatan kulit, misalnya ketiak ataupun payudara. Masalah tersebut memang memerlukan pengobatan dengan produk khusus yang diberi oleh dokter seperti skabisida.

2. Kaki atlet

Penelitian yang dikeluarkan pada tahun 2013 menuliskan dengan merendam kaki pada bak yang berisi polifenol teh hijau dapat menjadi pengobatan yang standar. Sementara itu, bila kondisi yang cukup parah akan membutuhkan obat antijamur yang berbentuk krim maupun bubuk.

3. Pitted keratolysis

Infeksi bakteri yang terjadi pada telapak kaki akan menyebabkan bau yang menyengat yang seperti bau ikan busuk. Rasa gatal yang disebabkan pitted keratolysis akan diiringi nyeri pada bagian bawah kaki. Pengobatan untuk telapak kaki gatal memerlukan antibiotik oral dan topikal, krim antijamur serta antipespirant yang dapat menyembuhkan infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *