Keram Perut Selain Keram Menstruasi

 

4tu.org – Ketika sedang haid kebanyakan seorang wanita akan mengalami keram perut. Hal ini menyebabkan dapat terganggunya aktivitas sehari-hari, karena tak jarang bagi wanita yang terkena kram perut ini hingga tak bisa menahannya.

Tetapi menurut seorang ahli yang bernama Niket Sonpal, M.D keram perut ini bisa terjadi pada wanita yang tidak sedang dalam masa haid. Kondisi ini dapat ditemukan dalam berbagai keadaan.

“Keram perut adalah keluhan yang sangat umum di antara pasien saya dan dapat terjadi kapan saja,” kata asisten profesor klinis dari Touro School of Osteopathic Medicine, New York City tersebut.

Ada tiga kondisi yang memicu terjadinya kram perut diluar masa haid :

1. Konstipasi

Rasa sakit ketika mengalami sembelit dapat menyebabkan kram perut. Ketika otot-otot pada usus besar berkontraksi mendorong feses, ini dapat menyebabkan usus besar membengkak dan dapat memicu keram. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi air putih supaya tidak terjadi sembelit dan otot dalam usus besar tidak perlu terlalu bekerja keras dalam mendorong feses.

2. Gas Dalam Perut

Gas yang berlebihan dalam perut dapat menyebabkan perut kembung dan terjadinya kram perut. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas dapat memicu perut kembung. Dan apabila terlalu berlebihan dapat memicu kram perut.

3. Otot Perut Tertarik

Tidak semua sakit perut berasal dari usus, tetapi bisa juga karena otot perut yang tertarik. Hal ini dapat terjadi ketika melakukan aktivitas yang memicu perut untuk melakukan gerakan mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *