Hilangkan Rasa Pegal Setelah Mudik Dengan Cara Berikut

4tu.orgĀ – Satu kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh para warga negara Indonesia menjelang hari Lebaran Idul Fitri yakni pulang ke kampung halaman atau biasa juga disebut dengan mudik.

Pada sat hari lebaran menjadi satu moment yang baik untuk bersilahturahmi engan keluarga maupun tetangga sekitar. Namun, rasa alelah akibat dari perjalanan mudik yang cukup lama membuat badan merasakan lelah.

Nah oleh sebab itu perlu dilakukan persiapan sebelum melakukan mudik dan beberapa hal yang harus di perhatikan saat mudik terlebih jika dalam perjalanan jauh. Ada beberapa saran yang diberikan dokter bagi pemudik agar tetap segar dan bugar saat berlebaran di kampung halaman.

“Sebelum berangkat tidur harus cukup, tidur bila mengantuk, stretching dan senam ringan atau jalan, cukup cairan,” ujar pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS.

Sedangkan untuk bat yang digunakan untuk bisa meredakan rasa sakit, dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS atau yang akrab disapa dr Ryu menyebutnya boleh-boleh saja asal sesuai dosis.

“Istirahat yang cukup setelah berkendara. Jika perlu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit boleh, sesuai dosis tentunya, 250 miligram perhari masih aman,” ujar dr Ryu.

Selain itu, dr Ryu juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi minum minuman berenergi ketika hendak berkendara jauh sebenarnya tidak berpengaruh. Bagaimanapun, istirahat yang cukup saat perjalanan itu yang lebih utama.

Seimbangkan Antara Serat dan Juga Air Supaya BAB Lancar

4tu.org – Buat kalian mengalami susahnya untuk buang air besar pastinya pernah dialami kan? Hal tersebut biasanya datang dengan tiba-tiba tidak diketahui apa yang menjadi penyebab utamanya. Padahal kalian sudah berusaha untuk memakan sayur dan juga buah-buahan yang kaya akan serat dan juga meminum air yang banyak.

Hal tersebut juga bisa terjadi lantaran asupan serat dan juga air yang kalian konsumsi tidak dalam porsi yang seimbang. “Faktor terjadinya sembelit bukan hanya tergantung serat dan air. Serat yang banyak disertai asupan air yang tidak cukup justru akan menyebabkan sembelit,” tutur dr Jenny M Kusumo, SpGK, spesialis gizi klinik dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang, Senin (4/6/2018).

Oleh sebab itu, sangat penting dalam menyeimbangkan asupan antara serat dan juga air. Tidak hanya itu saja, dr Jenny menyebutkan faktor seperti gaya hidup kurang bergerak (sedenter), obat-obatan, stres dan faktor hormonal mempengaruhi terjadinya sembelit.

Untuk mengatasinya, ia juga menyarankan untuk banyak mengonsumsi probiotik yang kaya serat yang mampu atasi sembelit. Seperti yogurt, kefir, tempe atau kimchi.

Ditemui terpisah, dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS, dokter spesial bedah umum di rumah sakit yang sama, menyebutkan jika masih tetap susah BAB meski sudah memperbanyak serat dan meminum air, ia menyarankan untuk menjadwalkan ‘nongkrong’ di kamar mandi.

“Jadi tentukan waktumu buat BAB. Pas jam itu, kamu nongkrong aja di toilet, mau BAB atau nggak yang penting nongkrong. Jadi itu semacam ngatur waktu tubuh supaya kamu terbiasa untuk BAB di jam tersebut yang nanti jadi rutin,” tuturnya.

Puasa Harus Tetap Lakukan Gerakan Aktif, Bukan Malah Jadi Alasan Untuk Bermalas Ria

4tu.org – Pada saat menjalani ibadah puasa, sudah jelas asupan makanan yang ada pada siang hari jelas terbatasi tidak seperti hari biasanya. Selain itu, meskipun meang sedang menjalani ibadah puasa ukan menjadi satu alasan untuk bermalas-malasan.

Dengan tetap melakukan gerakan secara aktif justru akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk mereka yangg masuk dalam kategori kurang bugar. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang baru saja dimuatt dalam jurnal BMC Medicine pekan lalu.

Dengan melakukan akivitas dengan kebanyakan duduk, dengan menonton televisi ataupun bekerja dengan hanya duduk di depan komputerr ternyata bisa meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat.

Para ilmuwan dari Glasgow University yang mengerjakan penelitian ini menyebut bahwa keterkaitan yang berbahaya antara terlalu banyak duduk dengan risiko tersebut bisa dikurangi dengan meningkatkan tingkat kebugaran seseorang.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa risiko terkait perilaku sedentari tidak sama pada semua orang,” kata Carlos Celis, salah seorang ilmuwan.

Menurut Celis, individu dengan aktivitas fisik rendah paling mendapat manfaat dari perubahan tersebut. Artinya ketika mereka mengubah gaya hidupnya, risiko mengalami dampak buruk dari terlalu banyak duduk akan berkurang lebih banyak.

Dalam mengukur tingkat kebugaran, Celis dan timnya menggunakan indikator grip strength atau kekuatan menggenggam. Tes ini disebutnya mudah, murah dan cepat.

Hindari Panas Dalam Dengan Langkah Berikut Selama Bulan Puasa

4tu.org – Dengan menjalani ibadah puasa tubuh kita sering kali merasakan kaget dengan pola makan yang tidak teratur seperti biasanya. Pastilah hal terseut terjadi, pasalnya selama 13 jam perut berada dalam kondisi kosong tidak dimasuki makanan ataupun minuman apapun.

Jika kita tidak tepat dalam mengatur pola makan dan juga minum selama bulan puasa akan isa berakibat fatal bagi tubuh kita yang akan merasakan drop. Salah satu yang sering sekali menjadi permasalahan pada saat puasa yakni panas dalam yang dirasakan oleh banyak orang.

dr L. Aswin Pramono, SpPD dari Rumah Sakit St. Carolus menuturkan jika dengan mengatur pola makan dan minum secara disiplin masalah terseut tidak akan datang. “Disiplin! Disiplin dan dalam jumlah minum 8 gelas,” ujarnya.

Keutuhan asupan air memang menjadi satu hal yang sangat penting untuk bisa menghindari datangnya panas dalam pada saat menjalani puasa. dr Awin menganjurkan untuk mengikuti panduan minum saat bulan puasa, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari.

Tidak hanya itu saja, supata bisa tetap fit selama bulan puasa, ada baiknya melakukan juga olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

“Satu lagi yang penting, aktivitas jasmani, pada saat berpuasa itu bagus, paling tepat dilakukan saat menjelang buka puasa,” jelas dr Aswin.

“Tapi jangan yang high impact ya, yang kayak main bola, tenis, ini jangan. Jogging saja, senam-senam, stretching yang low impact,” tandasnya.

Lakukan Olahraga Yang Benar Untuk Hindari Cedera Parah

4tu.org – Satu jenis kegiatan yang saat ini sedang ramai untuk dilakukan oleh para masyarakat urban terutama yakni dengan melakukan olahraga secara rutin. Seiring dengan berjalannya waktu para masyarakat juga menyadari jika satu hal tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk tetap bisa menjaga kesehatan.

Yah meskipun olahraga sudah bukan menjadi hal yang baru di kalangan masyarakat luas, berolahraga juga bisa menimbulkan sebuah cedera. Seperti cedera yang dialami pada bagian bahu, tangan dan kaki. Cedra bisa saja terjadi pada saat melakukan olahraga yang dilakukan dengan tidak benar dan juga bisa terjadi kapanpun serta siapa saja termasuk pria, wanita, anak-anak, baik atlet maupun orang awam.

“Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang ditimbulkan,” ujar dr Iman Widya Aminata, Sp. OT.

Beberapa jenis olahraga yang dapat memicu cedera tangan dan juga bahu diantaranya adalah golf, badminton, voli dan tenis.

Tidak hanya tangan dan bahu, kaki juga rentan mengalami cedera akibat olahraga. Olahraga yang memicu cedera pada kaki salah satunya adalah futsal dan basket.

Cedera pada kaki dan pergelangan kaki terjadi karena robeknya ligamen.

Penanganan umum akibat cedera akibat olahraga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Jika terjadi cedera, baiknya segera istirahat dan memberikan es pada bagian yang cedera. Namun jika terjadi nyeri yang menetap disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Psikolog Wanita Yang Hobi Olahraga Angkat Beban Untuk Kesehatan Tubuh

4tu.org – Satu jenis olahraga yang dilakukan dengan angkat beban hingga saat ini masih belum dikenal bagi banyak orang terutama di kalangan wanita. Tapi tidak bagi seorang wanita yang bernama Novita Tandry. Novita merupakan seorang fitness enthusiast. Menurutnya olahraga satu ini justru mempunyai banyak manfaat untuk kaum wanita seperti dirinya.

“Perempuan jangan pernah takut fitness! Melatih beban justru penting sekali buat perempuan karena kita punya gravitasi. Biasanya semakin tua, orang tuh badannya kayak mengheningkan cipta, turun semua,” tutur wanita berusia 47 tahun ini saat ditemui di kawasan Sudirman baru-baru ini.

Dengan langkah melatih badan, merupakan cara untuk mengangkat oito-oto kita dan juga bisa membuat badan kita dalam posisi tegap meskipun usia kita nanti memasuki usia senja.

Novita juga menuturkan hal yang menjadi kekhawatiran para kaumnya terkait dengan lengan yang akan beroto jika melakukan olahraga angkat beban. Hal tersebut bukan merupakan satu hal yang harus jadi penghalang lho. Novita sendiri berperut sixpacks dan lengannya terlihat sedikit berotot, meski mengenakan pakaian tanpa lengan ia masih tetap saja pede.

“Kita tidak akan pernah bisa menjadi seperti bli Ade Rai (berotot). Karena kita tidak punya testosteron, level testosteron perempuan itu rendah sekali, di bawah 10 persen. Jadi mau kita berlatih sekuat apapun, setiap hari, mau belasan jam tidak akan pernah bisa seperti laki-laki. Paling ada kayak ada tone nya aja,” katanya.

Dalam kesibukannya sehari-hari menjalani profesi sebagai seorang psikolog anak dan remaja, Novita selalu menyempatkan diri untuk melakukan olahraga favoritnya yang telah ia geluti sejak duduk di bangku SMA, yaitu body combat dan angkat beban.

Novita menegaskan olahraga tak perlu ribet, banyak olahraga mudah yang bisa dilakukan bahkan hanya dengan berada di kantor. Bahkan di kantornya juga terdapat pull up bar yang bisa ia gunakan untuk tetap jaga fisik dan melepas stres.

“Latihan beban sebentar saja selama 30 menit bisa membakar kalori lebih dari 1000 kalori per setengah jam, asal bener bener dipakai secara optimal. (Olahraga) membuat lebih sehat, lebih segar, dan pastinya mau kelihatan lebih awet muda, kan,” kata Novita seraya tertawa.

Tetap terlihat awet muda dan sangat bugar meski sudah paruh baya, Novita mendapatkan penghargaan #ICON Award dari ajang Fitness Best Asia Award 2018 yang dihelat akhir April lalu di Jakarta. Penghargaan tersebut diberikan pada orang berusia di atas 40 tahun, bukan seorang profesional kebugaran, namun menginspirasi dan tetap mempromosikan pola hidup sehat.

Hindari Makanan Yang Banyak Mengandung Garam Pada Saat Berbuka Puasa

4tu.org – Jika membahas terkait dengan makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka ataupun sedang sahur pasti akan membuat pikiran membayangkan banyaknya jajan pada saat puasa yang ingin dimakan. Jajanan yang dijual banyak atau sering disebut dengan takjil tersebut banyak terbuat dari bahan yang justru tidak dibutuhkan oleh tubuh kita.

Mulai dengan aneka gorengan, berbagai jenis es, sampai dengan lauk yang menjadi pendamping nasi pada saat makan berat pastinya juga mengandung banyak garam didalamnya.

dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berbuka maupun sahur. Salah satunya adalah penggunaan garam pada masakan sahur maupun berbuka.

“Hindarkan makanan yang berminyak dan banyak mengandung garam, mengkibatkan banyak kencing. Mengonsumsi cairan 2,5 liter dalam sehari di cicil dari setelah berbuka puasa,” ungkap dr Dante pada acara Workshop How to Train Effectively During Ramadan, di onthree Senopati Suites, baru-baru ini.

Sebagai salah satu contoh makanan yang mengandung minyak dengan jumlah yang tidak sedikit yakni gorengan. Yah meskipun gorengan memang menjadi satu menu favorit beberapa masyarakat dalam berbuka puasa. Menu tersebut lebih baik dikurangi dan diganti dengan makanan yang mengandung banyak air seperti semangka yang kaya akan air yang dibutuhkan tubuh saat puasa.

Memang tidak ada larangan untuk makan berat pada saat berbuka puasa. Tetapi jika makan berbagai macam makanan yang ada bisa menumpuk garam di tubuh juga. Maka dari itu batasi asupan makanan yang masuk dalam tubuh, terlebih garam dan minyak.

Selain itu yang tak kalah penting juga asupan air putih. Biasakan minum air putih sebelum dan sesudah makan, dan pastikan sehari sudah mencapai 2,5 liter dicicil bukan diminum sekaligus.

Turunkan Berat Badan Dengan Dua Cara Ini, Dijamin BB Akan Turun Dengan Cepat

4tu.org – Untuk bisa menurunkan berat badan memang bukan hal yang bisa dikatakan sepele bagi setiap orang yang mempunyai bentuk badan gemuk. Meskipun sudah mengurangi porsi makan yang tidak seperti biasanya, tetap saja berat badan tidak segampang itu bisa berkurang.

Jika kalian salah satu dari orang yang berkeinginan untuk menurunkan berat badan, tidak usah khawatir. Mungkin kalian hanya membutuhkan untuk bisa lebih memperhatikan jumlah kalori yang masuk dan juga kalori yang keluar dari tubuh.

“Orang yang tak kunjung turun berat badannya karena jumlah kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar”, ujar dr Yoga Devaira dalam seminar Kesehatan dan Gizi Remaja di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Selasa (15/5/2018).

Sedikitnya ada dua aspek yang memang sangat haus diperhatikan untuk bisa menurunkan berat badan. Yang pertama, mengurangi jumlah kalori yang masuk dengan cara mengatur atau mengurangi porsi makan.

Kemudian yang kedua yakni dengan meningkatkan jumlah kalori yang keluar dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. dr Yoga membolehkan mengurangi porsi makan, namun tidak menganjurkan seseorang untuk mengurangi porsi makan secara drastis.

“Tidak dianjurkan mengurangi porsi makan yang dratis, ini akan mengakibatkan perasaan yang selalu lapar. Jadi mengurangi porsi makan harus bertahap”, lanjutnya.

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah gaya hidup. Yaitu dengan cara mengurangi konsumsi gula, goreng-gorengan, es, dan makanan siap saji.

Dengan menghindari sejumlah kalori dari makanan tersebut, tubuh kita akan memiliki kesempatan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kandungan yang terdapat dalam gorengan akan meninggalkan sisa lemak, dan es yang kita minum akan membekukan lemak tersebut.

Beberapa Hal Penting Yang Wajib Dilakukan Tidak Harus Di Pagi Hari

4tu.org – Hal-hal berikut memang terkesan sangat sepele, akan tetapi jika kalian melakukannya secara telaten dan juga ruitn akan bisa sangat menjadikan kalian menjadi diri yang jauh lebih baik. Salah satunya yakni membiasakan untuk bangun pagi dan membaca buku non-fiksi yang banyak dilakukan orang-orang sukses dunia.

Dan untuk bisa membuat penampilan kita lebih baik dan juga menarik, salah satu caranya yakni dengan merawat tubuh dan wajah juga menjadi hal yang sangat wajib dilakukan dengan rutin. Jika kalian tidak ada waktu di pagi hari untuk melakukan hal-hal rutin terseut, kalian bisa lakukan di malam hari lho.

Yang pertama, mencuci muka. Satu hal satu ini sangatlah penting. Sebelum kalian bepergian untuk keluar rumah satu hal ini wajib sekali untuk dilakoni. Namun mencuci wajah lebih penting lagi dilakukan saat malam untuk membersihkan segala kotoran, debu, juga makeup. Apalagi malam hari adalah waktunya kulit meregenerasi sehingga penting untuk benar-benar bersih.

Sedangkan tujuan cuci muka di pagi hari lebih kepada menyegarkan wajah. Usahakan untuk memilih sabun dengan formula lembut yang tidak mengiritasi kulit. “Kamu tidak mau merusak lapisan kulit dan minyak alami yang melindungi,” kata Tsippora Shainhouse, MD yang merupakan dermatologis AS.

Yang kedua, Produk Retinoid. Bagi kalian yang sedang melakukan perawatan dengan fokus ke pada bagian wajah pastilah akan memilih untuk menggunakan produk berbahan retinoid di keseharian. Retinoid dikenal baik memperbarui dan mendorong pembentukan kolagen. Kulit pun bisa terlihat lebih muda jika menggunakannya secara berkala. Agar kulit tidak iritasi, produk retinoid sebaiknya dipakai sebelum tidur.

“Banyak pelembap, serum, sunscreen mengklaim mengandung retinoid tapi itu terbuang ketika ditambahkan pada produk-produk siang hari karena hampir semua retinoid tercerai oleh sinar matahari,” ungkap Tsippora.

Yang Ketiga, menggunakan Mouthwash. Tidak sedikit orang yang menggunakan mouthwash setelah gosok gigi di pagi hari. Tapi ternyata itu merupakan salah satu kebiasaan yang lebih disarankan dilakukan saat malam. Pakai mouthwash ketika pagi bisa membuat mulut kering dan gigi lebih berisiko busuk dan berlubang.

Menurut dokter gigi kosmetik Lana Rozenberg, DDS, menggunakan mouthwash saat malam justru dapat memproteksi gigi dari kekeringan air liur. Kandungan antiseptiknya bisa membunuh bakteri yang kadang merusak gusi dan menyebabkan bau mulut. Sedangkan flour akan mencegah gigi berlubang. Namun usahakan untuk tidak memilih mouthwash beraroma mint menyengat yang justru bisa bikin sulit tidur.

Yang Keempat, makanlah Yougurt. Pada saat kalian sarapan pagi, mungkin sebagian banyak dari kalian memakan yogurt. Yogurt memang dikenal baik untuk pencernaan dan bisa meningkatkan sistem imun. Manfaat yogurt tersebut pun akan bekerja lebih baik jika dikonsumsi malam hari. Menurut pakar diet Michelle Routhenstein, RD, makan yogurt di malam hari juga dapat membantu memperbaiki otot.

Yang kelima, lakukanlah olahraga secara rutin. Kebanyakan orang akan olahraga di pagi hari bahkan sebelum matahari terbit. Tapi latihan fisik juga baik dilakukan saat malam jika Anda tidak sempat olahraga pagi. Tak perlu melakukan latihan yang terlalu keras, berjalan 15 sampai 20 menit pun cukup untuk meningkatkan pasokan oksigen yang dibutuhkan agar Anda bisa pulih setelah bekerja keras. Stretching sebelum tidur juga dapat menyiapkan otot dan tendon meregenerasi saat tidur.

Yang terakhir, menggunakan deodoran. Pakai deodoran setelah mandi pagi mungkin adalah salah satu kewajiban Anda. Ternyata deodoran lebih efektif jika diaplikasikan saat malam sebelum tidur.

Alasannya adalah ketika malam, tubuh tidak terlalu banyak beraktivitas sehingga tidak berkeringat. Itu membuat deodoran bekerja lebih maksimal. Dengan begitu, produk antipersipirant akan lebih maksimal mengecilkan pori-pori ketiak sehingga keringat akan lebih terkontrol saat siang. Anda pun bisa memakainya lagi saat pagi untuk memastikan tubuh segar seharian.

Review Lima Warna Lipstik Cantik Dari Brand Rihanna ‘Fenty Beauty’

4tu.org – Pada akhir tahun 2017 yang lalu, salah satu brand kosmetik yang sudah dikenal namanya yakni Fenty Beauty dari Rihanna telah merilis sebuah lisptik merah dengan ikonik yakni Stunna Lip Paint. Lipstik yang hanya berbentuk seperti tekstur liquid lipstick itu hanya dilansir satu warna yakni merah dengan nama ‘Uncensored’ yang dipromosikan sebagai lipstik merah universal. Artinya lipstik tersebut akan cocok untuk semua warna kulit.

Berikut Stunna Lip Paint di lima warna kulit wanita Indonesia:

“Sebagai pecinta lipstik merah, aku sebenernya suka banget sama Stunna Lip Paint dari pulasan pertama di bibir. Warna merahnya oke banget. Buat yang kulit sawo matang kayak aku, Stunna Lip Paint ini bikin muka aku jadi lebih cerah. Kelebihannya lagi lipstik ini lumayan tahan lama. Udah makan macam-macam seharian, masih bagus tampilannya di bibir. Kurangnya cuma satu, lipstiknya transfer di gelas atau botol setelah minum.” – Eny Kartikawati, Editor In Chief.

“Belakangan ini aku meninggalkan liquid lipstick karena sudah give up dengan formulanya yang terlalu bikin kering di bibir. Tapi Stunna Lip Paint ini memberikan sesuatu yang berbeda. Teksturnya sangat cair hampir mirip dengan lip tint namun ini dengan warna yang begitu intens tapi tanpa membuat bibir jadi kering. Saking intensnya aku hanya memakainya sekali pulasan di bagian bibir bawah kemudian bibir dirapatkan, warnanya pun sudah menyebar ke seluruh bibir. Meski warnanya transfer, namun aku nggak mau banyak komplain karena warna merahnya tetap stay di bibir.” – Kiki Oktaviani, Beauty Editor.

“It’s pretty interesting how one shade of lipstick can transforms into different colors on different skin tones. Di bibir aku, warna merahnya jadi sangat bold with a hint of orange. Lumayan cocok untuk kulit sawo matang seperti aku.” – Hestianingsih, Managing Editor.

“Teksturnya ringan dan lembut. pigmented banget juga jadi nggak perlu berkali kali swatch. Aplikatornya unik, sebenernya lumayan ngebantu membaurkan lipstiknya dengan mudah. Tapi karena ujungnya kurang runcing, jadi agak susah menjangkau ujung-ujung bibir.” Silmia Putri, Hijab Reporter.

“Saat dipakai nggak kerasa lengket di bibir dan nggak bikin kering. Aku jarang pakai lipstik merah karena belum menemukan lipstik yang warnanya cocok, tapi akhirnya aku namun lipstik merah yang cocok di skin tone-ku.” – Alisa Kinta, Mahasiswi.

Sangat terkihat dari kelima wanita yang telah menjajal skin tone yang berbeda juga, hasil Stunna Lip Paint tampak tidak sama. Ada yang warnanya menjadi merah ke arah oranye, deep red hingga merah keunguan. Dan semua tone kulit cocok dengan Stunna Lip Paint tersebut.

Produk Stunna Lip Paint dari Fenty Beauty secara global dijual di Sephora seharga US$ 24 atau sekitar Rp 300 ribuan, namun produk Fenty Beauty belum rilis di Indonesia. Jika tertarik membelinya, produk ini dijual di sejumlah online shop dengan harga beragam mulai dari Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan.